Kamis, 08 Desember 2011

Apakah Benar Al-Qur'an terdiri dari 6.666 Ayat ?

0 komentar
Beberapa bulan yang lalu, saya pernah mempertanyakan, “Yang Bener, Al-Qur’an itu Berapa Ayat sih?” Pertanyaan tersebut muncul karena adanya fakta di masyarakat yang menyebutkan bahwa Al-Qur’an terdiri atas 6.666 ayat. Padahal jika dilihat yang secara kasat mata yang tertera dalam Al-Quran itu sendiri, terbukti jumlah ayatnya hanya 6.236.
Jadi, dari manakah munculnya 430 ayat yang lainnya?
Bulan lalu, seorang yang menamakan dirinya Juviti, berkomentar seperti berikut.
Kalo kita uraikan ada selisih 430 ayat (6666 – 6236 = 430) otomatis akan timbul pertanyaan ….
  1. Kenapa bisa terjadi kelebihan 430 ayat?
  2. Apakah angka 430 ini sebuah kesalahan atau ada pesan yg tidak tersampaikan lewat angka 430 ini?
Klo kita berfikir sempit kita pasti berfikir “Klo begitu para ulama telah menyesatkan umatnya donk!”
Namun, justru tidak begitu, ada pesan yg tida tersampaikan di balik angka itu!
Permasalahan 6.236
Sebenarnya pesan angka 6.666 tersebut kurang lebih seperti ini:
Bagi para umat muslim pelajarilah 6.236/Al-Qur’an sebagai pedoman hidupmu, dan jadikanlah 430 sebagai suri tauladan dalam tingkah pola kita sehari-hari.
Lho kok 430 dijadikan sebagai suri tauladan? Apa maksud angka tersebut?
Sebagai umat muslim, suri tauladan kita semua adalah Nabi Muhammad saw.. Jadi angka 430 tersebut = Muhammad saw.. Kenapa bisa begitu?
Sekarang kata Muhammad kita urai yang terdiri dari huruf “mim, ha, mim, dal”
Sekarang kita larikan ke surat:
Mim huruf ke 24 —–> surat ke 24 jumlah ayat 64
Ha huruf ke 6 ——-> surat ke 6 jumlah ayat 165
Mim huruf ke 24 —–> surat ke 24 jumlah ayat 64
Dal huruf ke 8 ——-> surat ke 8 jumlah ayat 75
Kita jumlahkan nomor surat dan jumlah ayat:
24 + 64 = 88
6 + 165 = 171
24 + 64 = 88
8 + 75 = 83
——+
430
Jadi, huruf Muhammad itu klo diuraikan berjumlah 430. Apakah angka-angka di atas sebuah kebetulan atau berdasarkan perhitungan yg tepat? Sungguh Mahabesar Allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yg cermat dan akurat.
Nah jelaskan khan mengapa ayat Al-Qur’an ada 6.666?
Jadi sisa angka 430 itu dari Nabi Muhammad saw., dan banyaklah mempelajari Al-Qur’an maka Anda akan menemukan banyak keajaiban di dalamnya yg tidak ditemukan dalam kitab lain.
Semoga bisa menjadi tauladan. Terima kasih!
Bagaimana menurut Anda?
Bagi saya sendiri, itu sieh hanya mengada-ada. Hanya akal-akalan manusia. Mengapa juga harus mengajarkan yang tidak real seperti itu? Apakah itu ada dasar hukumnya dalam Al-Qur’an atau hadis?
Bagi saya sendiri, jika ingin meninjau lebih jauh tentang alasan mereka yang menyebutkan baha jumlah ayat Al-Qur’an itu 6.666 ayat, maka harus ditelusuri dari awal sejarahnya. Kapan ayat-ayat Al-Qur’an itu mulai deberi nomor ayat, bagaimana metodenya, berapakah mulanya, dan seterusnya. Karena memang pada mulanya tulisan ayat-ayat Al-Quran itu tidak seperti sekarang yang kita lihat. Dalam sejarahnya dulu, ayat-ayat Al-Quran itu tidak ada harakatnya, bahkan tidak ada titik-titik sama sekali.
Kaidah yang deberikan oleh Rasulullah, “Jika ada permasalahan dalam urusan agama, kembalikanlah kepada Allah dan rasul-Nya. Jika permasalahan duniawi, maka kamu lebih mengetahui urusan duniamu”.
Dalam kaidah tersebut jelas, bahwa dalam urusan agama yang harus jadi acuan adalah Al-Qur’an dan Hadis, bukan akal-akalan otak manusia.
Gimana Sobat? Ada pemikiran lain? Monggo di-share di sini :)

Leave a Reply